Awanama 10/08/2021 (Fri) 08:41:35 No.11011 del
>>11004
Mampir aja kaga pernah gan, betulan ini pertama kali gw pake BBS yang penuh kearifan lokal.

2017 dulu, aku jadi salah satu dari sedikit member loyal sebuah BBS internasional yang sebut saja sudah deserted. Membernya ya itu itu doang kayak disini (ketauan abis ngintai boardnya), tapi disana pada pake username & trip.

Sampe sekarang sih masih sering nangkring disana, tapi makin kesini makin pengen ngobrol dengan topik dan bahasa lokal di platform yang serupa.

Di indonesia, site BBS ngga mainstream. Pol-pol ya kalo ga reddit, kaskus, twitter. Ngga ada platform berbentuk forum yang bener bener murni bisa anonim gini.

Trus browsing lagi dan ternyata pernah ada yang memfasilitasi (indochan,fscchan) tapi kena takedown, sampe jadi penasaran dasar hukum negara kita ini ngebolehin situs kayak gini unuk eksis apa ngga si?

"Kebebasan berekspresi dan berpendapat" tabrakan sama "Larangan menyebarkan ujaran kebencian", gitu pikir gw.

What keeps BBS sites going IS the shit content, lebih banyak orang yang dateng kesini itu tujuannya buat nyampah dan bertingkah (atau paling ngga, budayanya buat nyampah udah melekat banget dan ga mungkin hilang). Jadi kalo hal itu juga dilarang, dong buat apa.

4chan dan lolcow subur karna hal yang sama, tapi juga ga mengecualikan keberadaan board lain yang isinya lebih bermanfaat. Tapi, lagi, itu juga karena mereka punya userbase yang luar biasa gede, makanya bisa pada misah jadi niche masing-masing.

Message too long. Click here to view full text.