Awanama 05/24/2022 (Tue) 16:21:48 No.13054 del
>>11374
lu newbie? jawabannya ubuntu dan turunannya, soalnya sudah banyak anggota komunitasnya plus dokumentasi oleh third-party-nya udah banyak.

Kalo bisa pake aja ubuntu yang vanilla dulu kalo lu bisa cepat nyesuain diri dengan desain gnomenya ubuntu yang emang rada goblok.

Kalo lu boomer atau bocil yang tahunya masih windows dan gak punya kapasitas otak untuk belajar UI nya dengan cepat maka pilih linux mint yang edisi cinammon atau xfce. Itu tampilannya hampir mirip kok dengan windows.

Kalo lu kepingin pake MacOS tapi gak punya uang untuk beli mac asli dan mau coba linux? elementary os jawabannya. Gua saat nulis ini pake eOS, bisa gua akui ringan dan enak untuk fitur multi taskingnya. Lebih baiklah dibandingkan dengan yang punya windows 10 dan 11. Lalu app yang bawaan pun gak banyak, cuman email, lagu, media, kalendar, note, terminal dan app yang lain yang bisa lu duga bakal ada di hp baru lu kecuali google apps dan aplikasi dari china atau facebook.

Fedora itu untuk yang agak lebih berpengalaman, menurut gua hampir miripnya kesusahan pemakaiannya. Tapi lu mesti belajar lagi cara make dnf.

Oh iya, daily reminder kalo ubuntu itu (terutama yang LTS) package nya suka outdated atau yang dah lama-lama semua. Berbeda dengan fedora yang packagenya itu relatif baru