Awanama 08/09/2021 (Mon) 07:22:45 No.10542 del
Aku mau curhat wan, tolong dengerin baek-baek ya wan.

1. REDDIT

a. Circle Jerk

Aku bosen nongkrong di reddit (r/indonesia) karena secara keseluruhan baik dari reddit general maupun sub reddit lokal masih banyak budaya circlejerk-nya. Kek apa ya wan, aku suka sih sebenernya lihat orang-orang beragumen di internet. Tapi kurang puas aja kalo di reddit tuh gak bisa sebrutal dan setranspran di 4chan. Kita cuma membaca dan mendengar argumen yang cuma pengen kita dengar aja, sedangkan argumen orang yang mungkin sedikit "berbeda"sama kita cenderung jatuh kena downvote. Kesannya "this is bad" vs "this is good". Terus masalahnya kita gak bisa ngatur batasan pemberian downvote/upvote sih, aku pribadi kalo main reddit kalopun argumen orang itu salah (nah benar atau salah salahnya opini seseorang gak bisa ditentukan lewat satu sudut pandang aja) gak pernah aku kasih downvote, orang yang aku kasih downvote cuma orang yang diskusinya udah kelewat batas/troll. But then again, setiap orang punya hak yang setara untuk hal itu aku gak bisa menuntut banyak. Cuman yang jadi masalah, ketika seseorang udah kena downvote/upvote orang lain jadi ikut-ikutan tanpa tahu isi diskusinya apa atau poin yang orang tersebut sampaikan apa (aku pernah kayak gini).

2. Karma Whore

Serius wan, aku juga dulu sempat ada di fase yang pengen banget mendapat validasi dari orang. Jadi sering aja gitu mikir keras, gimana supaya agar komentar kita atau postingan kita bisa di-upvote banyak orang. Hal buruknya, aku jadi jarang komen. Atau berusaha setengah mampus muter-muter cari celah buat bisa "panen" up vote. Seneng aja gitu wan kalo lihat jejak postingan akunku banyak up vote nya.

2. Kaskus

a. IU Busuk, Sepi, Junker, troll.

Ah bingung wan, kenapa forum terbesar di Indonesia bisa jadi sampah kayak gini. Masa-masa keemasan kaskus mungkin udah reda, sekarang udah hampir gak pernah buka lagi tuh situs. Aku pernah coba bikin akun lagi, dan main kesitu. Tapi aku sama sekali gak mendapat euphoria kesenangan itu, belum lagi kualitas usernya masih sedikit jamet. Sorry sih wan, mungkin ini cuma opini pribadiku aja. Aku sendiri udah mulai kurang suka kalo lihat diskusi yang non-english, kurang apa ya wan? Rasanya ketika argumen kalian dibalut menggunakan bahasa inggris semuanya jadi terlihat lebih bernilai. Itu yang bikin aku kurang betah lihat kolom komentar kaskus, karena mayoritas style typing nya mirip seperti kolom komentar sosmed kebanyakan (tanda baca banyak yang salah, one liner, terkesan gak kasih effort kalo komentar).

Message too long. Click here to view full text.